Cara Merawat Kalung Tanduk dan Permata

Merawat Kalung Tanduk

 Cara Merawat Kalung Tanduk – Sebagian besar dari kita memiliki banyak jenis perhiasan yang berbeda namun tidak mengetahui merawat kalung tanduk dan kalung dari jenis lainnya. Perhiasan yang telah kita kumpulkan selama bertahun-tahun, dari berbagai tahap kehidupan kita terdiri dari berbagai jenis material.

Agar perhiasan tersebut awet, Anda sebaiknya merawat semua perhiasan tersebut, tetapi memang akan dapat membingungkan untuk mengetahui bagaimana dan kapan sebaiknya Anda harus membersihkan dan menyimpan barang-barang berharga ini.

Di bawah ini akan di paparkan tentang tips merawat dan membersihan perhiasan termasuk perhiasan tanduk, logam, batu permata hingga perhiasan imitasi.

Cara Merawat Kalung Tanduk juga Permata dan Emas

Perhiasan tanduk

Sebaiknya jangan di pakai di saat berolahraga dan juga di bersihkan dengan menggunakan kain fiber halus sehingga tidak menggores permukaan dari perhiasan tanduk tersebut.

Batu permata

Terik cahaya dan panas dapat memengaruhi batu permata dari waktu ke waktu, termasuk daya tahan dan warna. Sehingga perlu memperhatikan di mana Anda sebaiknya menyimpan perhiasan tersebut. Sama seperti sinar matahari yang berbahaya dapat merusak kulit kita, cahaya dan panas dapat mempengaruhi daya tahan dan warna batu permata berwarna.

Seiring waktu batu permata juga dapat memudar atau merusak seperti batu amethyst, kunzite, topaz dan shell cameo. Mutiara dan bahan halus lainnya, akan memutih di bawah paparan cahaya yang ekstrem. Permata lainnya, khususnya jenis amber, dapat menjadi gelap seiring waktu ketika terpapar terlalu banyak cahaya.

Paparan kimia dapat merusak dan menodai sebagian besar jenis batu permata. Hairspray, kosmetik, parfum dan lotion juga dapat merusak permukaan mutiara dan batu yang jenisnya lebih berpori seperti turquoise.

Anda harus memastikan untuk selalu membersihkan kalung atau perhiasan Anda secara teratur, sehingga batu seperti Labradorit dan Turquoise Bohem bisa bertahan lebih lama dan tetap cantik seperti sedia kala.

Sebagian besar batu permata dapat dibersihkan dengan air hangat dan sabun cuci piring ringan yang tanpa deterjen. Mutiara dan permata lembut lainnya dapat dibersihkan secara perlahan menggunakan air hangat bersabun dan di bersihkan dengan menggunakan sikat riasan.

Batu permata harus dikeringkan dengan handuk, namun digerakkan perlahan sampai benar-benar kering karena benang sutra basah dapat meregang.

cara Merawat Kalung dari Tanduk dan kalung Berlian

Batu berlian dapat dibersihkan dengan cara yang sama seperti emas. Gunakan 1 bagian sabun cuci piring ringan di campur dengan 5 bagian air hangat, setelah itu batu berlian direndam selama 3 jam. Bilas dengan air panas dan keringkan secara menyeluruh dengan kain microfiber. Kemudian bersihkan dengan kain poles.

Perhiasan perak

Salah satu metode favorit yang paling sering di gunakan adalah Sunshine Polishing Cloth. Harganya murah dan mudah digunakan untuk membersihkan potongan perak, serta zirkonia kubik dan banyak jenis batu permata lainnya. Setelah itu perhiasan perak harus disimpan dalam kantong atau kain anti-tarnish.

Perhiasan perak Argentium

Selain perak ini adalah hypoallergenic dan low-tarnish, perak Argentium juga perawatannya sangat mudah dan murah. Itu sebabnya banyak yang menyukai jenis logam ini. Untuk membersihkan, Anda cukup menyeka dengan kain lembut untuk membersihkan sidik jari dan kotoran lainnya.

Untuk pembersihan lebih detail, bersihkan dengan air sabun hangat, bilas dan keringkan segera untuk menghindari tanda air pada perhiasan tersebut. Simpan potongan Argentium Anda dalam kain lembut, kantong plastik, atau kotak perhiasan untuk mempertahankan kilapnya.

Perhiasan Emas

Emas tidak gampang ternoda dan rusak seperti kebanyakan logam, tetapi bisa menjadi kotor jika sudah di pakai setelah bertahun-tahun. Untuk pembersihan, buat larutan dari 1 bagian sabun cuci piring ringan di campur dengan 5 bagian air hangat.

Emas tersebut direndam selama 3 jam. Bilas dengan air panas dan keringkan secara menyeluruh dengan menggunakan kain microfiber. Kemudian bersihkan dengan kain poles. Kabar baiknya adalah Anda dapat membersihkan emas, sesering yang Anda mau, kapan pun Anda merasa perhiasan emas Anda sudah terlihat kotor atau suram.

Perhiasan custome atau imitasi

Membersihkan perhiasan imitasi berbeda karena potongan-potongan ini biasanya dilapisi dengan emas atau perak dan berbagai bagian dilem. Anda dapat menggunakan setetes sampo bayi yang di taruh di dalam air untuk membersihkannya, tetapi bersihkan dengan sesuatu yang sangat lembut, seperti kapas.Juga berhati-hati sehinga Anda cukup menggunakan cairan sesedikit mungkin.

Itulah beberapa cara agar kalung anda atau perhiasan anda bisa lebih terawat dengan baik dan benar sehingga anda memiliki barang yang awet dan tentunya indah dan bagus, bagi yang tidak mengetahui cara yang benar dan baik pasti perhiasannya akan terlihat berbeda dari pada yang sering di rawat.

jadi pastikan anda yang memiliki perhiasan jangan lupa untuk merawatnya dengan cara merawat kalung yang benar baik merawat kalung tanduk maupun kalung lainnya agar kalung terlihat mengkilat dan terlihat indah di pandang orang lain.

Demikian cara merawat kalung tanduk dan perhiasan dari bahan selain tanduk.