Kelebihan dan Kekurangan Cincin Kawin Palladium

Cincin Kawin Palladium
Cincin Kawin Palladium merupakan salah satu jenis logam mulia kualitas terbaik dari Group Metal Platinum. Paladium ini berwarna putih berkilau alami dengan tingkat perkerasan yang tinggi. Cincin palladium ini sangat cocok sebagai cincin kawin untuk pasangan pengantin muslim, karena palladium dapat dijadikan sebagai alternatif bahan pembuatan cincin kawin selain emas.

Selain emas dan perak, palladium dapat dijadikan pilihan bagi pasangan yang sedang memilih cincin pernikahan. Khususnya bagi umat muslim, karena laki-laki dilarang menggunakan cincin emas. Jadi selain cincin berbahan perak, maka palladium dapat dijadikan alternatif sebagai cincin untuk pria. Mungkin bagi sebagian orang, cincin palladium masih terasa asing dan masih banyak yang belum mengetahui.

Palladium (Pd) merupakan salah satu jenis logam perak yang memiliki warna putih yang masih langka dan logam tersebut sangat berkilau. Palladium sendiri dapat mengubah warna pada emas yang awalnya warna kuning menjadi warna putih.Pada saat di suhu biasa, palladium dapat tahan terhadap adanya korosi di udara.

Palladium juga mampu menyerap hydrogen dan merupakan salah satu logam mulia yang termasuk dalam golongan platinum group metal. Palladium juga memiliki sifat anti oksidasi korosi serta anti alergi.

Oleh karena itu cincin palladium sangat cocok digunakan sebagai cincin pernikahan untuk laki-laki, sebab palladium lebih tahan terhadap berbagai macam aktivitas maskulin dan juga kilaunya lebih terjaga.

Kelebihan dan Kekurangan Cincin Kawin Palladium

Untuk lebih jelasnya mengenai cincin palladium, maka Anda juga harus mengetahui kelemahan dan kelebihan palladium. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli cincin untuk pernikahan maka tidak ada salahnya jika Anda mencari informasi yang banyak terlebih dahulu tentang palladium.

Jika dibanding dengan logam- logam lainnya seperti perak, maka palladium memiliki beberapa kelebihan.

• Kelebihan Cincin kawin dari Palladium

1. Warna Putih Berkilau

Cincin kawin dari palladium memiliki warna putih yang berkilau secara alami, jadi tidak perlu menambahkan lapisan lain agar cincin palladium berkilau.

2. Tidak Mudah Luntur

Kebanyakan logam lainnya jika cincin pernikahan selalu dipakai, maka lama kelamaan akan luntur warnanya menjadi kurang berkilau. Tetapi berbeda dengan cincin palladium ini, meskipun selalu dipakai dalam segala macam aktivitas.

Akan tetapi warna cincin palladium tidak akan luntur ataupun berubah warna, bahkan warna cincin ini akan tetap berkilau. Meskipun sudah dipakai dalam waktu jangka panjang.

3. Bahan Cincin Palladium Ringan

Cincin palladium memiliki berat yang lebih ringan dibanding dengan jenis logam lainnya. Sehingga cincin palladium sangat nyaman dikenakan.

4. Cincin Palladium Mudah Dibersihkan

Cincin palladium mudah dibersihkan hanya dengan menggunakan air hangat dan menggunakan jenis kain yang lembut.

5. Non Alergi

Cincin palladium bisa dijadikan alternatif sebagai cincin pernikahan, bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau alergi terhadap logam perak atau emas.

6. Cincin Palladium Lebih Awet

Cincin kawin dari palladium memiliki ketahanan hingga 15% lebih tinggi dibanding cincin yang berbahan emas putih. Karena itulah, cincin palladium sangat awet dan tidak mudah rusak.

• Kekurangan Cincin Kawin Dari Palladium

Selain cincin palladium memiliki banyak kelebihan, cincin ini juga memiliki kekurangan, antara lain:

1. Tidak semua toko emas dapat menerima cincin palladium untuk di jual lagi. Hal ini disebabkan karena cincin ini belum sepopuler seperti cincin emas.

2. Jika dibandingkan dengan harga cincin dengan bahan perak, maka harga cincin palladium lebih mahal.

3. Saat proses pembuatan cincin pernikahan, kadar palladium yang digunakan pada umumnya hanya sebesar 50%, kemudian dicampur dengan bahan perak dan alloy. Hal itu disebabkan, karena sifat palladium yang terlalu keras sehingga sulit dibentuk jika menggunakan kadar 100%.

Itulah beberapa penjelasan kami seputar kelebihan dan kekurangan Cincin Kawin Palladium