Sistem Muskuloskeletal Manusia

Sistem Muskuloskeletal Manusia
Sistem Muskuloskeletal Manusia –  Manusia memiliki sistem tubuh yang bertanggung-jawab atas gerak dan rangka, sistem tersebut disebut dengan sistem muskoskeletal manusia. Sebagai salah satu komponen utama dalam tubuh manusia, sistem tersebut terdiri dari otot (muskulo) serta tulang rangka (skelet). Sistem ini sangat penting namun seringkali diabaikan dan dilupakan oleh masyarakat.

Padahal jika diabaikan begitu saja, bisa terjadi beberapa gangguan pada sistem ini. Gangguan tersebut bisa berupa nyeri sendi sehingga menganggu aktivitas anda sehari-hari. Berikut merupakan artikel yang akan mengulas tentang fungsi sistem muskokeletal manusia dan penyebab gangguannya.

Fungsi Sistem Muskuloskeletal Manusia

1. Memberikan postur tubuh

Jika tidak memiliki postur atau bentuk tubuh maka manusia tidak akan dapat melakukan aktivitas atau bentuk gerak dengan sempurna. Bahkan jika ada satu saja bagian dari sistem muskokeletal yang kurang atau terjadi gangguan, anda tidak akan bisa melakukan aktivitas dengan normal.

2. Penopang berat badan

Manusia memiliki berat badan yang ditopang oleh anggota badan tertentu. Nah sistem yang menopang berat badan manusia adalah sistem muskokeletal. Karena dalam sistem ini terdapat tulang belakang.

3. Lokasi penyimpanan mineral, kalsium, dan fosfor

Ketika tubuh kita memiliki kelebihan kalsium maupun fosfor, maka sistem muskoskeletal manusia akan menyerapnya dan menyimpannya. Namun ketika pada saat nya nanti tubuh membutuhkan kalsium maupun fosfor, maka sistem tersebut akan melepaskannya kembali.

4. Melindungi organ-organ yang vital

Sistem ini melindungi organ-organ vital yang dimiliki oleh manusia, diantaranya adalah jantung, otak, serta paru-paru. Yang paling berperan adalah tulang dada (cavuum thorax) yang dibentuk dari tulang iga.

5. Sebagai alat gerak pasif

Sistem muskokeletal terdiri dari otot rangka, yakni otot yang hanya akan bekerja jika mendapat rangsangan dari otak. Sehingga otot ini akan pasif karena tidak akan bergerak tanpa perintah. Berbeda dengan otot jantung yang akan bergerak terus menerus bahkan di bawah alam sadar kita.

Faktor Gangguan pada Sistem Muskokeletal

Terjadinya gangguan pada sistem ini, bisa menyebabkan kita tidak bebas bergerak dan beraktivitas seperti biasa. Guna merawat sistem tersebut, maka kita perlu mengetahui penyebab pasti dari gangguan terhadap sistem muskokeletal.

Penyebab gangguan pertama pada sistem muskoskeletal manusia adalah usia. Faktor ini memang tidak bisa dihindari, karena seiring bertambahnya usia, maka jaringan-jaringan yang terdapat dalam tubuh akan semakin menua. Kemudian akan timbul rasa nyeri pada muskokeletal yang mulai rusak.

Kedua yakni aktivitas, memang tidak mudah untuk mengatur aktivitas anda sehari-hari. Sering kali terjadi begitu saja tanpa anda menyadari bahwa otot anda sudah terlalu banyak bergerak, atau otot anda sudah terlalu lama tidak aktif misalkan seperti duduk dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu sempatkan untuk mengurangi aktivitas atau jika anda harus duduk sepanjang hari, sempatkan untuk melakukan sedikit stretching.

Kemudian pekerjaan, beberapa pekerjaan memang membuat posisi sikap tubuh anda menjadi buruk. Oleh karena itu, segera ubah sikap posisi tubuh anda. Dengan mempertahankan sikap posisi tubuh yang buruk, akan menimbulkan gangguan pula pada sistem muskokeletal.

Terakhir yakni gaya hidup, jika anda memang senang berolahraga, maka lakukanlah secara rutin dan sesuai porsi. Yang dimaksudkan disini adalah jangan terlalu memaksakan tubuh anda untuk bergerak terlalu lama. Mengapa? Karena atlet biasanya memiliki resiko lebih tinggi terkena gangguan muskokeletal.

Demikian penjelasan tentang sistem muskoskeletal manusia, yakni sistem yang menunjang gerak dan postur tubuh kita.

Semoga anda bisa semakin bijak dalam beraktivitas dan dapat menghindari resiko gangguan pada Sistem Muskuloskeletal Manusia